Translate Here

Lapan: Diduga Serpihan Asteroid Pecah di Angkasa

Minggu, 02 Mei 2010 ·
Ledakan Misterius Rusak Rumah

JAKARTA - Peneliti dari Lapan belum bisa memastikan benda yang menyebabkan tiga rumah di Jalan Delima VI Gang 2 Nomor 31 RT 01 RW 5 Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur, material meteorit.

Namun dipastikan merupakan benda alam asal langit dan bukan sampah antariksa buatan manusia. Menurut peneliti astronomi Lapan Abdul Rahman yang turun ke lapangan, setelah melihat lokasi ditemukan ada efek tekanan karena banyak kaca yang pecah.

"Efek panas memang kelihatan, karena ada benda yang terbakar dan juga ada yang meleleh," papar dia di lokasi, Jumat (30/4/2010).

Namun, kata Andul Rahman, dari temuan itu belum bisa menyimpulkan jenis benda tersebut. "Kita menduga itu bukan benda buatan seperti satelit atau roket, mungkin benda alami," ungkap Abdul Rahman.

Dia mengaku kesulitan untuk menyimpulkan peristiwa misterius itu, karena tidak menemukan bendanya. "Benda alami bisa meteorit. Kalau yang besar asteroid. Kalau yang besar sekali efeknya bisa lebih parah, mungkin itu hanya pecahan," jelas dia.

Abdul Rahman menjelaskan benda asing yang menghantam tiga rumah tersebut sebelumnya tidak terdeteksi oleh radar maupun teleskop. "Tidak mendapat deteksinya dari radar atau teleskop, kami tidak memantaunya."

Dia menambahkan, dari beberapa keterangan menyebutkan ada desingan dan kilatan, tapi sayangnya tak banyak yang melihat kilatan tersebut. "Bisa jadi asteroid yang pecah di angkasa," ujarnya yang mengaku tidak menemukan barang bukti benda alami di TKP.

0 komentar:

Enter the Email To Subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Search Engine Optimization and SEO Tools