Translate Here

UAE: Blackberry Bahayakan Keamanan Negara Arab

Selasa, 27 Juli 2010 ·

DUBAI - Pemerintah negara-negara Arab (United Arab Emirate/UAE) secara resmi mengungkapkan jika smartphone Blackberry berpotensi menjadi ancaman keamanan nasional, khususnya negara-negara Arab.

Menurut pihak UAE, data pengguna Blackberry tersimpan di luar negeri, di mana hukum lokal tidak akan berlaku jika suatu saat terjadi masalah. Selain itu para analis di UAE mengatakan jika pemerintah akan kesulitan untuk memantau penggunaan ilegal terhadap data yang tersimpan.

Langkah ini memperbaharui kekhawatiran tentang upaya Uni Emirat Arab untuk mengontrol arus informasi di negara Teluk, yang meliputi pusat bisnis di Dubai dan negara kaya minyak di Abu Dhabi. Federasi tujuh negara secara aktif menyensor situs Web dan bentuk media lainnya yang dianggap cukup membahayakan keamanan nasional dan mengancam nilai-nilai budaya konservatif lokal.

"Server BlackBerry buatan Research in Motion terletak di luar negeri. Hal ini membuat lebih mudah bagi mereka untuk menolak permintaan dari pihak berwenang terkait data pribadi pengguna," kata Pimpinan Reporters Without Borders Lucie Morillon, yang memonitor upaya untuk mengendalikan penggunaan smartphone.

"Pemerintah tidak dapat mengakses informasi BlackBerry semudah informasi yang mereka dapat dari operator setempat," katanya.

Ini adalah kontroversi kedua terkait Blackberry di UAE. Setahun yang lalu, operator seluler terbesar di negara itu menemukan jika BlackBerry yang tanpa disadari mendorong pengguna untuk menginstal perangkat lunak yang memungkinkan orang luar untuk mengintip ke dalam perangkat. Sayangnya pemerintah tidak pernah menjelaskan sepenuhnya apa yang terjadi dalam kasus itu.

Menurut regulator, ini merupakan bentuk antisipasi setelah mereka mendengar banyaknya keluhan terkait manajemen data para pengguna Blackberry yanng tesimpan di RIM yang dianggap dapat disalahgunakan.

0 komentar:

Enter the Email To Subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Search Engine Optimization and SEO Tools